Wisata Religi

Ziaroh Ulama Maroko

06.04Zuwaina Tour

Ziaroh Ulama Maroko

Maroko, negeri eksotis diujung barat dunia Islam yang terkenal dengan sebutan negeri seribu benteng ini juga dikenal dengan sebutan negeri sufi. Negeri yang tenang, eksotik, kaya dengan budaya dan sejarah ini merupakan tempat lahir para ulama yang telah memberikan kontribusi besar terhadap peradaban manusia tak terkecuali Indonesia. Jika di Indonesia terdapat wali songo (wali Sembilan) di Maroko juga terdapat sab’aturrijal (wali tujuh) yang karya-karyanya dipelajari dipelosok nusantara. Diantarannya Syaikh Sulaiman Jazuli pengarang kitab Dalail Khoirot yang makamnya berada dikota Marrakech. Disini pula lahir Syaikh Sonhaji pengarang kitab Jurmiyah dan Abu Bakar Ibnu al Arabi al Ma’arifi (1076-1148 M), penulis kitab Ahkamul Quran yang karyanya sangat familiar dikalangan pesantren tanah air.

Seperti halnya Indonesia, Maroko yang dipimpin seorang raja yang memilki gelar Amir al Muminin, menampilkan Islam yang moderat, ramah, toleran tetapi memilki jati diri. Dinegeri ini thoriqot-thoriqot tasawuf berkembang dan tumbuh subur, oleh karena itu Maroko juga dijuluki “Mamlaka Az Zawaya” yang berarti kerajaan yang dipenuhi zawiya, yaitu tempat para sufi melakukan kontemplasi dengan berdzikir kepada Allah SWT.

Disini juga lahir seorang ulama terkenal pendiri thoriqot Tijaniyah yang pengikutnya berada dibelahan dunia dan Indonesia merupakan salah satu pengikut terbesar thoriqot ini, beliau adalah Syaikh Ahmad bin Muhammd at Tijani, lahir dikota Fes pada tahun 1150 H. Diatas puncak gunung Ar Rais perbatasan kota Tanger dan Tetouan juga terdapat makam seorang sufi yang semasa hidupnya menjauh dari keramaian karena cintanya kepada Allah SWT. Beliau adalah Maulana Abdussalam Masis al Alami, lahir pada tahun 1140-1227 M. Beliau adalah pengarang sholawat Masyisyiah dan mursyidnya Syaikh Abdul Hasan as Syadzili pendiri thoriqot Syadziliyah yang berkembang di Indonesia.

Disisi lain, antara Maroko dan Indonesia memilki hubungan diplomatik yang sangat baik hingga sangat ini. Dijantung ibu kota Rabat terdapat jalan yang mengabadikan nama presiden Ir. Soekarno dan ibu kota Jakarta. Oleh sebab itu Maroko merupakan salah satu Negara yang wajib dikunjungi karena disana terdapat makam para ulama yang telah memberikan kontribusi besar terhadap peradaban manusia didunia terutama Indonesia.

Zuwina Tour & Travel Maroko melayani paket wisata religi sesuai dengan tempat yang ingin Anda tuju. 

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Formulir Kontak