Fes Tempat Wisata

Menyusuri Keunikan Fes el Bali

11.35Zuwaina Tour


Bab Boujlud, pintu masuk menuju madinah Fes.
Fes el Bali (bahasa Arab: فاس البالي) (bahasa Inggris: Old Fes) adalah distrik tertua di Fes, Maroko. Fes el Bali awalnya didirikan sebagai ibukota Dinasti Idrisiyah antara tahun 789 hingga 808 M. Selain dikenal karena keberadaan universitas tertua di dunia Fes el Bali, dengan jumlah penduduk sekitar 156.000 jiwa, diyakini merupakan wilayah urban bebas mobil terbesar di dunia.
UNESCO memasukkan Fes el Bali ke dalam daftar situs warisan dunia pada tahun 1981 dengan nama Medina Fez. Situs warisan dunia ini meliputi wilayah urban dan tembok dan juga zona penyangga di luar tembok yang dimaksudkan untuk menjaga integritas visual tempat ini.
Fes el Bali merupakan salah satu dari tiga distrik utama di Fes selain Fes Jdid dan Ville nouvelle (kota baru) yang dibuat oleh Perancis.
Salah satu gang yang tak pernah sepi ditengah madinah Fes

Pemandangan kota tua atau Old Medina, Fes. Di sinilah pusat jantung kota Fes yang terkenal dengan sebutan madinatul 'ilm (kota ilmu). Wilayah ini dulu pernah menjadi ibukota Maroko, dan jauh sebelumnya di abad pertengahan menjadi tempat berlindung kaum Muslim & Yahudi yang terusir dari Andalusia & Cordoba. Kota ini kemudian menjadi pusat budaya, pusat pendidikan, dan kini menjadi "spiritual city" of Morocco. Yang beratap hijau itu adalah Universitas Al-Qarawiyyin, sebuah perguruan tinggi tertua di dunia yang masih beroperasi sampai sekarang, berdiri jauh sebelum Oxford lahir.
 
Jalan-jalan yang sempit disalah sudut Old Medina disore hari 

Suasan magis yang misterius, nuansa spiritual tersebar di mana-mana sebenarnya! Simbol-simbol yang dipakai, desain zillij dan warna-warnanya yang tak sembarangan dipilih, sejarahnya yang erat dengan Andalusia, Festival Tahunan Budaya Sufi, komunitas Al-Qarrawiyyin di masa lalu, juga para sufi besar yang pernah hadir di sini (Abu Madyan, Tijani, Ibnu Arabi), standar tata ruangan (fountain, masjid, sekolah, pasar) yang seolah menyimbolkan suatu falsafah ketuhanan.

Tempat penyamakan kulit, Fes juga terkenal dengan pengrajin kulit
Menyusuri Old Medina, setiap sisi kotanya seperti menyeret kita ke masa lampau, kembali ke abad pertengahan dulu. Orang-orang mengenakan djellaba (itu yang di tengah, berpakaian seperti kostum Ku-Klux-Klan), bau-bauan seperti "kumin" (bumbu utama masakan Maroko) di setiap sudutnya, perkusi musik-musik Arab, barang-barang khas Maroko (tempat ini terbentengi cukup kuat dari cakaran produk-produk Cina), membuat waktu serasa berhenti di sini.
Menikmati makanan khas Maroko



You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Formulir Kontak