featured Kuliner

Harira, sup tradisional Maroko

10.25Zuwaina Tour









Harira adalah sup tradisional dari Maroko yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa. Meski populer dimasak saat Ramadan untuk berbuka, tak jarang harira dikonsumsi di hari biasa. Berkunjung ke Maroko wajib menyicipi aroma khas Sup Hariroh.
Bahan yang digunakan dalam harira biasanya berbeda-beda tergantung dari masing-masing wilayah. Namun, jika Anda tertarik untuk membuatnya, Anda bisa menggunakan beberapa bahan di bawah ini, seperti dilansir oleh Food.com (03/07).
- 1/2 kg daging domba, potong dadu
- 1 sendok teh kunyit
- 1 1/2 sendok teh lada hitam
- 1 sendok teh bubuk kayu manis
- 1/4 sendok teh bubuk cabe
- 1/4 sendok teh cabe rawit
- 2 sendok makan margarin
- 3/4 cangkir seledri cincang
- 1 buah bawang putih, cincang
- 1 buah bawang merah, cincang
- 1/2 cangkir ketumbar segar, cincang
- 29 ons tomat, potong dadu
- 7 gelas air
- 3/4 cangkir lentil hijau
- 15 ons kacang garbanzo (biasanya dalam kemasan kaleng), tiriskan
- 4 ons bihun (atau bisa diganti dengan mie biasa)
- 2 butir telur, kocok
- 1 buah lemon, dijus terlebih dahulu
- jus tomat (tambahan)
- telur (tambahan)
Cara membuatnya:
1. Campur daging domba, kunyit, lada hitam, kayu manis, jahe, cabe merah, mentega, seledri, bawang, dan daun ketumbar dalam panci sup yang besar. Panaskan dengan api kecil. Aduk selama lima menit. Tuangkan tomat yang sudah dijus ke dalam campuran tersebut, kemudian biarkan mendidih selama 15 menit.
2. Tuangkan jus tomat, air tujuh cangkir, dan lentil ke dalam panci. Biarkan hingga mendidih, lalu kecilkan api. Biarkan sup kembali mendidih, lalu tutup selama dua jam.
3. Sekitar 10 menit sebelum disajikan, ubah api menjadi sedang atau tinggi, kemudian masukkan bihun dan kacang garbanzo. masak selama 10 menit (atau sampai bihun matang). Tambahkan jus lemon dan telur. Lalu masak lagi selama satu menit.
4. Sup harira pun siap dihidangkan!
Anda bisa menambahkan bumbu seperti garam, merica, atau daun mint dan kayu manis untuk menambah cita rasa sup harira, sesuai selera Anda. Resep ini bisa dihidangkan untuk enam porsi dan memakan waktu sekitar 2 jam 45 menit.
Biasanya harira disajikan dengan roti buatan rumah dan madu. Namun di Algeria, sup ini juga disajikan dengan potongan lemon. Anda juga bisa memakannya dengan nasi. sumber: http:www.merdeka.com

You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Flickr Images

Formulir Kontak